Sebelum melakukan evaluasi, tentunya guru diharuskan membuat alat evaluasi yang digunakan yaitu soal-soal test. Membuat soal memang sekilas gampang, tetapi belum tentu memenuhi standar yang ditetapkan. Artinya bisa saja sola yang kita buat tidak layak untuk diujikan kepada siswa. Mengapa demikian? Mari kita telusuri secara seksama dengan tahapan-tahapan berikut ini. Kaidah Penulisan Soal Bentuk Uraian (a) Materi Soal harus sesuai dengan indikator. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan (ruang lingkup) harus jelas. Isi materi sesuai dengan petunjuk pengukuran. Isi materi yang ditanyakan sudah sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, atau tingkat kelas. (b) Konstruksi Rumusan kalimat soal atau pertanyaan harus menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai, seperti: mengapa, uraikan, jelaskan, bandingkan, hubungkan, tafsirkan, buktikan, dan hitunglah. Buatlah petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal. B...
Blog Pendidikan, Belajar-Mengajar Geografi, Inspirasi dan Teknik